Berbagi cerita berbagi berita... memancarkan kebahagiaan disekitar kita... tersenyum untuk bersabar... tersenyum untuk syukuri nikmat...

Rabu, 20 Februari 2013

Tips Menjaga Kesehatan


Beberapa minggu ini kelas terasa sepi, meskipun waktu kelas ramai harus berpeluh-peluh dan berotot (lehernya) untuk menenangkan mereka dan berharap mereka diam sejenak, tapi aku merindukan mereka. Cuaca yang kadang dingiin-panas-dingin lagi, membuat benteng dalam tubuh agak goyah dan akhirnya roboh karena sakit. Kesehatan adalah yang paling utama dan utama ketika kita mau beraktifitas, bagaimana tidak, jika menjelang sakit saja kita sudah merasa enggan beraktifitas apalagi kalau sudah sakit, sedihnya bukan main. Jadi serba salah. Apalagi jika anak-anak yang mengalaminya, mereka tidak bisa melakukan pekerjaan utama mereka, BERMAIN, kasihan. OLeh karenanya kita harus bikin bentengnya semakin kuat, berikut beberapa tipsnya!
1. Jaga kualitas dan kuantitas istirahat kita, sebisa mungkin kurangi aktifitas yang tidak perlu (nonton tv misalnya) dengan beristirahat atau tidur.
2. Minum air putih minimal 8 gelas sehari, dan makan yang cukup.
3. Tidak semua makanan dan minuman halal baik untuk tubuh, jadi hindari makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit atau alergi (es, coklat, pemanis, ataupun penyedap rasa)
4. Karena ini musim penghujan maka sedia payung dan mantol sebelum hujan, dan segera mandi atau berganti pakaian setelah kehujanan.
5. Jika perlu minum suplemen tambahan (madu, sari kurma, atau vitamin tambahan lainnya)
6. Saat tubuh kurang fit segera beristirahat dan minum suplemen tambahan
7. Segera ke dokter jika sakit semakin parah dan tidak juga berkurang meski sudah mengkonsumsi suplemen tambahan
8. Berdo'a kepada Allah agar kita senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan, Aaamiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar